Minggu, 04 Desember 2011

Bisnis Dari Rumah, UKM On Line Dengan 35 Ribu Anggota


Tekad membantu para pebisnis usaha kecil menengah (UKM) agar mampu memanfaatkan fasilitas on line demi memaksimalkan bisnis, pasangan suami-istri Cheriatna (BDR). Bisnis yang potensial dikendalikan dari rumah via 35 ribu anggota.

Setelah lebih dulu mengalami jatuh bangun dalam bidang usaha off line melalui sebuah blog maka muncul keinginan untuk berbagi.” Awalnya adalah pengalaman pribadi, saat saya dan keluarga sekitar tahun 2006 mengalami pengalaman pahit, bisnis off line yang kami buat ternyata tidak berhasil. Peristiwa tersebut ternyata membawa saya untuk bertemu dengan seorang anak muda dari Singapura yang telah menuai sukses bisnisnya dari internet” jelas Cheriatna. Hal tersebut memacunya untuk kembali memulai bisnis, tapi yang dipilihnya kali ini adalah media on line.

Setelah sekitar dua tahun menjalankan bisnisnya dari online, Cheriatna mulai merasakan hasilnya hingga berhasil mewujudkan beberapa impiannya. Hanya dengan menjual kompor gas via online, hingga sekarang merambah ke travel, Cheriatna mengaku dari hasil bisnisnya tersebut ia sudah mempunyai kendaraan sendiri hingga jalan-jalan ke beberapa negara.

Lalu ia mulai sharing pengalamannya. Dari situlah komunitas Bisnis Dari Rumah terbentuk sejak berdiri dua tahun lalu. Sekarang, jumlah anggota BDR di laman facebooknya sudah mencapai lebih dari 35.000 orang. Basis kegiatan pertemuan dan pelatihannya kini tidak sebatas hanya kota Jakarta, Depok, Bekasi dan Bandung.

Proses belajar yang dilakukan di dalam BDR memang offline, tapi tidak menutup kemungkinan jika ada yang menginginkan secara online. Bagi mereka yang ingin terjun ke bisnis ini Cheriatna mengingatkan bahwa berbisnis itu yang menentukan adalah attitude atau sikap bukan teknik.” Sikap seperti kita harus sabar dan tekun, disiplin. Harus online minimal punya waktu luang sejam untuk membangun bisnisnya dari laptop. Kemauan itulah yang harus dimiliki. Masalah teknik itu adalah hal yang gampang. Buktinya saya bukan lulusan IT hanya seorang lulusan SMA, tapi bisa” ujarnya.

Semakin berkembangnya teknologi komunikasi memang memungkinkan bagi seseorang untuk mulai berbisnis dan melakukan transaksi perdagangan melalui dunia maya. Selain kemudahan dalam hal biaya, akses yang sangat luas dengan jangkauan ke seluruh dunia, bisnis online saat ini telah menjadi salah satu pilihan populer dalam usaha. Juga tersedianya fasilitas di dunia maya bagi kita yang ingin membangun dan mengembangkan bisnis sendiri seperti blog pribadi hingga situs jejaring sosial.

Namun tidak semua mampu memanfaatkan sarana ini dengan maksimal, sehingga cenderung berjalan ditempat dan tidak menghasilkan profit yang diharapkan. Disinilah peran Bisnis Dari Rumah untuk membantu mereka agar mampu memanfaatkan internet guna mencari pasar, mitra bisnis, hingga peluang bisnis lainnya dengan biaya marketing yang lebih murah dan efektif . Orientasi BDR adalah Usaha Kecil Menengah (UKM) karena dianggap bisnis ini adalah riil. Di dalam BDR sendiri tergabung mulai dari bisnis tenda dan rias pengantin, renovasi rumah hingga menjual beras organik.

Masih banyak UKM yang memiliki produk yang potensial tapi kurang mengetahui bagaimana cara memasarkan, atau mengembangkan pemasaran produknya agar menjangkau pasar yang lebih luas. Itu membuatnya mengutamakan para UKM yang berkeinginan untuk memperluas bisnis via online. Keuntungan dari bisnis ini adalah kita memiliki kebebasan waktu dan kebebasan financial.

Cheriatna juga mengatakan jumlah pengusaha kecil menengah yang pernah mengikuti pelatihan BDR dan sekarang sukses menjalankan usahanya dengan memanfaatkan internet  sudah lumayan banyak. Ia menyebut nama Noer Rachman Hamidi, nama pengusaha yang sukses jadi eksportir sabut kelapa – diluar negeri dimanfaatkan untuk bahan baku isi jok kendaraan pengganti busa. Lalu ada Masrura Ramial pengusaha belut dan rotan. Ada juga Lina Rahmianti asal Karawang yang sukses menjual boneka melalui facebooknya serta Grace Ananta salah seorang anggota BDR Bandung dimana produk bonekanya diminati oleh pengguna dunia maya hingga mancanegara.

Jadi tunggu apalagi kalau anda ingin belajar kiat sukses berbisnis dari rumah dengan memanfaatkan teknologi internet silakan bergabung dengan laman Bisnis Dari Rumah di facebook dan mengikuti pelatihan bisnis online yang digelar BDR secara gratis. (majels)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar