Kamis, 19 Januari 2012

MMBC Tour and Travel, Tiga Tahun Menembus 30 Kota


Bisnis online yang makin marak sekarang ini adalah bisnis penjualan tiket pesawat online. Selain mudah dan bisa dilakukan dimana saja, bisnis ticketing online juga menjanjikan untung besar. Salah satu buktinya adalah MMBC Travel.

Sebagai agen MMBC, fasilitas yang didapat antara lain sistem reservasi 24 jam yang berguna untuk melihat jadwal keberangkatan, melihat kursi yang tersedia, melihat harga tiket, mencari tiket promo, booking tiket dan mencetak tiket sendiri dengan printer. Sistem yang digunakan sama dengan agen tiket lain dan counter penjualan tiket bisa didirikan dimana saja, dari Sabang sampai Merauke bahkan di pelosok sekalipun.

Uniknya, sistem keagenan ini juga bisa digabungkan dengan usaha lain seperti hotel, money changer, warung internet sampai restoran dan minimarket. sistem online juga memungkinkan penggabungan usaha ini dengan penjualan pulsa secara online. Agen atau cabang MMBC juga mendapat bantuan dan konsultasi 24 jam melalui beragam pilihan saluran komunikasi mulai dari live chat hingga SMS dan Yahoo Massanger.

Selain kemudahan menjadi agen yang hanya butuh biaya tiga juta tujuh ratus lima puluh ribu rupiah , MMBC juga menjanjikan presentase komisi yang berasal dari tiket domestik dan internasional, hotel, paket tour dan sebagainya. Sebagai sebuah bisnis online penjualan tiket pesawat online memang menggiurkan.

MMBC Travel kini sudah memiliki cabang di lebih 30 kota di tanah air. Namun siapa sangka kalau pergerakan awalnya hanya bermula dari sebuah gang sempit. Pemiliknya Zulkarnaini, pria kelahiran Padang, 13 Mei 1981 adalah lulusan Fakultas Kedokteran IPB yang memperjuangkan eksistensi perusahaan hingga makin berkembang. “Semasa kuliah saya juga sempat jualan telor ayam kampung, telor asin dan telor puyuh ke supermarket dan swalayan di Bogor,”ucap Zul.


Masuk kerja di sebuah bank asing di tahun 2004 tapi 3 tahun berikutnya ia memutuskan untuk keluar dan mendirikan usaha travel ini. Hanya dalam kurun waktu 3 tahun, Zul mampu mengembangkan sayap bisnisnya hingga ke berbagai kota di tanah air. “Konsep usaha saya adalah keagenan tour dan travel dengan menggunakan sistem reservasi online, pemesanan tiket pesawat. Saat ini untuk cabang sudah ada puluhan sementara agen agen sudah ribuan,”jelasnya.

Melalui buku yang ditulisnya ‘Bongkar Rahasia Sukses Bisnis Tour & Travel’ ia sudah 93 kali berkeliling dari kota ke kota untuk membawakan seminar. Bahkan ke depan, ia menargetkan akan meluncurkan MMBC Airline dan menjadikan semua pengguna tiket pesawat sebagai agen dan mitra MMBC. (majels)


2 komentar: